Wednesday, September 26, 2012

Akhirnya Mengerti Makna "明天会更好"

明天会更好 - Ming Tian Hui Geng Hao merupakan frase/kalimat dalam bahasa mandarin yg sudah sering dijadikan sebagai ungkapan pemberi semangat yang secara harafiah berarti "esok hari akan lebih baik". Kalimat ini juga merupakan sebuah judul lagu karaoke yg sangat terkenal ketika aku masih menduduki bangku SD di Medan. Selama ini pengertian ku terhadap arti kalimat ini memang tidak salah, namun hari ini aku menyadari bahwa kalimat ini mengandung makna yg lebih mendalam drpd hanya sekedar "esok hari akan lebih baik".

Makna yg lebih dalam ini aku pahami ketika mendengarkan sharing Dharma oleh Dr. R. Surya Widya, SpKJ ketika beliau membimbing kita dalam latihan meditasi dan memberikan pemahaman awal yg berisi kalimat lbh kurang dibawah ini "kita harus bisa menyadari hal-hal/sikap negatif kita dan menguranginya serta menambah hal-hal positif dalam diri & hidup kita setiap hari maka kita akan menjadi lebih baik setiap hari ".

Ucapan ini membuatku langsung teringat pada frase "明天会更好 - Ming Tian Hui Geng Hao" dan langsung menyadari bahwa makna yg terkandung dlm kalimat ini penuh kebenaran mutlak karena Esok Pasti Akan Lebih Baik ketika kita setiap hari berusaha mengurangi pikiran, sifat & sikap negatif dan selalu menambah Pikiran, sifat& sikap positif yang akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik setiap harinya. Jika dikaitkan kedalam kesuksesan duniawi, sudah tentu orang positif selalu menarik hal-hal baik(kesempatan) dilingkungan mendekati dirinya dan orang juga akan selalu lebih senang berbisnis & bekerja dengan orang yg Positif, lebih baik & lebih bijak & lebih pintar.
Jika dikaitkan dengan kesuksesan spiritual, maka semakin banyak hal baik yg kita lakukan maka karma baik juga akan semakin banyak yg akan berbuah dan membawa hal baik dalam hidup kita saat ini dan nantinya.

Setelah 20 tahun, aku baru tersadarkan utk makna yg lebih mendalam mengenai frase ini padahal aku sering kali mengucapkan kalimat ini dalam pembicaraan formal maupun non formal:D. Akhirnya mengerti juga.....
~~~~明天会更好~~~~

3 comments:

  1. Kalau untuk wa, maknanya seperti badai pasti berlalu ^^ Sering kali kita ketemu kesulitan dalam hidup, dan rasanya seperti akan tenggelam dalam kesulitan itu. Tapi jangan lupa, segalanya pasti akan berlalu. 明天会更好, 一切都会过去的。 到那时,也就雨过天晴了. Hari esok akan lebih baik, segalanya pasti berlalu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waks, mandarinnya lebih advance nih, mau liat kamus dulu.....:)

      Delete
  2. wah pada jago2 ya mandarinnya anak2 Binus English Club ini.. :)
    izin share ya ke FB..

    ly: gue juga kaga ngerti, muesti cek dulu pake tool ini :D
    http://www.chinese-tools.com/tools/pinyin.html

    ReplyDelete