Monday, October 14, 2013

10 Langkah Sederhana Untuk Hari Yang Menyenangkan

Bangun pagi dengan rasa malas dan kurang tidur pastinya merupakan hal yang pernah dialami oleh setiap orang meskipun pada umumnya kita semua meniginginkan pagi hari yang menyenangkan dan penuh semangat. Berikut adalah cara sederhana yang secara tidak sengaja aku lakukan hari ini dan ternyata mampu membuat hati dan pikiran lebih bahagia dan senang.

1.  Tidur Cukup : Berkualitas dan cukup dalam Kuantitas.
a.    Tidurlah dengan lampu dimatikan, lebih gelap lebih baik karena cahaya akan mengaktifkan pikiran kita secara tidak sadar. Hal ini terasa sekali Karena baru sebulan ini kita pasang lampu baru di depan jendela kamar dan selalu dinyalakan sepanjang malam. Namun kemarin malam, lampu tersebut kita matikan sebelum tidur, walhasil ketika bangun tubuhpun terasa lebih segar.
b.    Tidurlah dengan tersenyum. Kadang kala, ketika banyak hal yang harus dikerjakan, secara tidak sadar kita terus memikirkannya sampai pada saat kita mau tidur sehingga otot wajah juga menengang. Tersenyumlah sambil berbaring dan bernafaslah dengan teratur. Rasakan gerakan otot wajah yang relaksasi
c.    Jumlah jam tidur bervariasi buat setiap individu, tapi menurut beberapa sharing dan artikel, jam 23.00-02.00 adalah waktu tubuh melakukan proses regenerasi dan revitalisasi sel-sel tubuh. Sehingga usahakan selalu tidur sebelum jam tersebut.

2.  Berhasil membuang semua “racun” dari tubuh (BAB) di pagi hari. Membuang kotoran sisa makanan semalam adalah suatu kebahagian buat ku karena tubuh terasa lebih ringan dan terasa lebih sehat. Jika saat ini belum rutin di pagi hari, mulailah memakan sayur dan buah setiap hari dan latihlah diri untuk melakukannya setiap pagi dengan “nongkrong” di WC 5-15 menit setiap paginya, jangan menunggu sakit perut baru ke WC.
Frekuensi Buang Air Besar yang Baik:
a.      Baik sekali : berapa kali kita makan besar, berapa kali juga kita buang air besar
b.    Baik : 2x sehari, kotoran berada di tubuh maximal 12 jam sebelum zat atau gas yang tidak baik terserap kembali oleh tubuh
c.      Minimum : 1x sehari. Ini sudah paling minimum. Bayangkan saja baunya sampah basah yang tersimpan di area dapur melebih satu hari. Bau sampah basah didapur akan mengundang tikus, kecoa dan lalat-lalat kecil berdatangan.

3.    Nikmati segarnya mandi di pagi hari dengan air dingin. Pernahkan merasakan moment Aha! Ketika mandi?

4.  Ucapkanlah hal baik atau berikan pujian kepada pasangan / orang terdekat anda di pagi hari karena senyumannya akan membuat hati terasa nyaman dan kita pun akan ikut tersenyum.

5. Santaplah buah segar terlebih dahulu sebelum sarapan yang lebih berat. Usahakan menyantap buah segar min. 5 macam dengan warna yang berbeda dalam sehari untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap, kalau mau cepat, masukan semua buah tersebut ke Blender untuk dijadikan Smoothies. Pagi hari adalah saat tubuh membutuhkan dan siap untuk menyerap semua nutrisi. Sehingga makanlah makanan bergizi di pagi hari. Seperti pepatah “Eat like a King For Breakfast, A Prince for Lunch and A Beggar for Dinner”

6.   Don’t start looking at your Work Phone sebelum jam kerja, apabila ada pesan sehubungan dengan pekerjaan, biasanya pikiran akan langsung memikirkan semua pekerjaan yang tertunda padahal kita masih dirumah bersama keluarga. Hadapilah beban kerja pada saat kerja dan beristirahatlah secara total pada saat diluar jam kerja. Hal ini aku alami pagi ini, ketika melihat isi sms yang masuk, kebahagian yang baru kurasakan langsung berkurang sampai aku harus mengalihkan pikiran dengan topic pembicaraan yang lebih menyenangkan.

7.      Lakukan semua kegiatan yang sudah ada dalam to do list hari ini, konsentrasi dan jangan tergoda untuk ngobrol atau meeting tidak penting sehingga menunda penyelesaian tugas kita. Selesaikan semua rencana hari ini dan rasakan kenikmatannya setelah itu. Coba diperhatikan lagi, dari 10 meeting yang diikuti, menurut kalian, berapa banyak isu/persoalan yang sebenarnya bisa diselesaikan tanpa harus meeting? Check this out http://www.youtube.com/watch?v=5XD2kNopsUs

8.  Buat rencana kerja untuk besok hari dan Pulanglah On-Time sehingga masih ada waktu untuk beraktifitas bersama keluarga ataupun teman

9.  Sediakan waktu untuk hobby / exercise untuk refreshment karena melakukan sesuatu yang kita senangi akan membuat hari terasa lebih lengkap dan seimbang.

10. Tidur sebelum jam tidur terlewati. Ketika sudah lebih dari jam 23.00 malam, biasanya aku malah semakin susah tidur karena banyak pikiran yang bermunculan dari pekerjaan sampai yang lainnya. Aku belum pernah membaca referensi mengenai hal ini, tapi kalau diperhatikan, jika sudah melewati jam tidurku sekitar jam 22.00-22.30, maka aku akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terlelap


Jika diperhatikan 10 langkah diatas, Suatu hari yang menyenangkan, tidak dimulai dari pagi hari namun dimulai dari malam hari sebelumnya, dimulai dari tidur dimalam hari sebelumnya. So, tunggu apalagi, selamat tidur semuanya J

1 comment:

  1. browsing hal yg menyenangkan dan berbobot..seperti TEDx atau situs shopping online hahaha

    ReplyDelete