Friday, April 13, 2012

WowTernyata "Kerja Dari Rumah Bisa Lebih Efektif"

Pagi ini Bangun badan terasa ga enak, yang memang diawali dengan kepala pusing dan susah tidur kemarin malam, akhirnya akupun memutuskan untuk tidak masuk kantor karena harus menempuh perjalanan yang jauh (hampir ujung Jakarta Utara menuju Ujung Jakarta Selatan). Mulailah aku mandi dan langsung membuka laptop untuk mengerjakan pekerjaanku sambil menyantap sarapan. Karena hari ini memang sudah aku jadwalkan untuk meeting dengan 2 vendor, akhirnya pun meeting aku pindahkan kerumah dan meeting berjalan dengan baik. Selain itu, hari ini juga berhasil mengerjakan update rencana kegiatan setahun dan kordinasi dengan tim lapangan. Dan kalau aku pikirkan, WowTernyata tanpa kekantor pun tetap bisa produktif. 

Jadi teringat beberapa saat yang lalu, aku pernah membaca artikel di linkedin.com, dimana diartikel tersebut menceritakan tentang ineffisiensi para pekerja yang datang ke kantor karena banyaknya waktu yang terbuang dalam perjalanan, apalagi saat sekarang ini dimana kemacetan sudah menjadi "Tontonan" setiap hari. Dan jika dikaitkan dengan apa yang aku rasakan hari ini ketika menyelesaikan perkerjaan diluar kantor (dirumah) sebenarnya ga cuma produktif saja tapi juga memang lebih efisien waktu & uang. Untuk biaya transport sehari pulang pergi kantor bisa mencapai  Rp 110K (bensin, toll & parkir), meskipun sebagian bisa di klaim ke kantor dgn asumsi 50%, tetap saja aku harus mengeluarkan Rp. 55K & perusahaan juga harus mengeluarkan extra 55K buatku. Namun dengan aku bekerja di rumah, kedua belah pihak bisa save 55K (tapi karena tidak masak, jadi delivery menghabiskan sekitar 30K, kalau masak, paling ga nyampe 10K & aku juga harus menghabiskan biaya listrik untuk lampu & laptop). Dari sisi waktu sendiri, aku menghabiskan waktu 2.5 jam pulang pergi, plus 15-20 menit mencari parkiran, berarti dalam 1 hari aku menghabiskan hampir 3 jam (15 jam/minggu, 60 jam/bulan, 2.5 hari/bulan)  untuk perjalanan yang tidak produktif (ckckckck). Mungkin sudah saatnya perusahaan/atasan terbuka untuk pilihan seperti ini (meskipun sudah ada sebagian perusahaan asing sudah menetapkan hal ini, namun masih banyak yang memiliki pandangan konvensional mengenai kehadiran/absensi keterlambatan)

Dari pemikiran diatas, jadi terpikir kenapa masih banyak perusahaan yang mengharuskan karyawan (yang memang berada dibidang yang lebih flexibel) datang kekantor kalau kedua belah pihak bisa melakukan efisiensi tanpa ke kantor? selain efisiensi, sebenarnya dapat menjadi bagian dari refreshing untuk mendapatkan inspirasi baru. Tidak jarang, ketika seorang karyawan baru masuk kekantor, dia memiliki ide baru yang fresh namun setelah 1-2 tahun kemudian, dia bahkan tidak bisa menemukan ide baru lagi dan akhirnya mungkin mendapat penilaian "kurang inovatif" dari atasannya. Tapi apakah benar memang kurang inovatif? atau sebenarnya kurang inspirasi karena terkungkung di cubicle kantor setahunan dan akhirnya menjadi bosan. Otomatis tidak ada insight baru dan akhirnya tidak bisa berinovasi. 

Memang budaya bekerja diluar kantor, terkadang masih menuai kontra karena adanya ketidakpercayaan dari atasan / perusahaan untuk produktifitas seseorang tanpa pengawasan dan juga perbedaan individu dalam bekerja, ada yang perlu pengawasan dan ada yang tidak. Tapi jika kita berpikir dari sisi ketidakpercayaan atasan terhadap anak buahnya, muncul pertanyaan baru, Kenapa kita harus menjadi polisi untuk anak buah kita?bukankah itu menambah pekerjaan kita? bukankah seharusnya kalau kita mempekerjakan seseorang, harusnya bisa meringankan pekerjaan kita?. Tapi kalau seorang atasan akhirnya memutuskan untuk tidak percaya, artinya  anak buah tersebut seharusnya tidak dipekerjakan dari awal karena memang secara individu tidak sesuai dengan gaya kerja atasan tersebut. Jadi seharusnya dari awal seleksi baiknya atasan memastikan mempekerjakan anak buah yang selain memiliki kemampuan juga harus dapat dipercaya (tapi memang tidak semudah itu menemukan karyawan yang tepat). 

Responsible & Discipline Gives You Flexibility & Trust Will Create Solid Team.

image source:

No comments:

Post a Comment