Sunday, April 8, 2012

Dare To Take The 21 Day Challenge For Ourselves?

Hari ini sebenarnya belum mendapat feeling "Wow Ternyata" yang bisa aku tulis. Tapi dalam rangka membangun kebiasaan menulisku aku tetap mencoba menulis apapun (maksa.com). Karena seorang teman pernah berkata padaku "It Takes 21 Days To Create A New Habit" sehingga aku memang berencana untuk menulis minimal satu post dalam satu hari selama 21 hari (dengan mata berapi-api dan tangan di kepal :p).

Mungkin kadang kita suka bilang "aduh jangan titip ke aku de, soalnya aku pelupa", "Iya aku emang berantakan, ga bisa teliti", "Aku ga bisa bangun pagi" dan lainnya. Seringnya kita mengatakan hal seperti itu ke diri kita sendiri, dimana kita sudah me-label diri kita karena hal-hal yang biasa kita lakukan (kebiasaan) tapi bukan berarti bahwa kita pasti akan selamanya seperti apa yang kita katakan. Karena semua yang kita pikirkan itu tercipta dari KEBIASAAN. Dengan berbagai macam kebiasaan yang terbentuk dari sejak kita kecil, kebiasaan positiflah yang membuat kita mengalami kemajuan dalam hidup. Namun banyak juga kebiasaan negatif yang menahan atau memperlambat kemajuan kita.

Jadi, mari kita coba hilangkan kebiasaan negatif kita dengan cara menggantinya dengan kebiasaan Positif yang dilakukan dalam 21 hari. Kenapa 21 hari? banyak tulisan mengenai hal ini sebenarnya, dan yang kepikiran olehku "angka 21 hari" ini sebenarnya adalah untuk mengatakan kepada diri sendiri
"Hey, Tenang aja, cuma 21 hari koq, bukan berarti kita akan melakukannya seterusnya, coba aja. ga sampai sebulan koq, kalau nanti uda 21 hari dan memang merasa ga cocok, ya udah, kita coba yang lain lagi aja". Kalimat diatas seperti memotivasi diri sendiri yang kadang merasa takut untuk mengambil komitmen atau sebagai kalimat pendorong bagi diri yang sudah nyaman dan tidak mau berubah. Dengan 21 hari, kita seperti memasuki masa percobaan, seperti yang ditawarkan kursus-kursus Free Trial Class. Bahkan seperti celebrity fitness pun menawarkan free trial untuk nge gym, kalau suka lanjut, kalau ngga ya sudah (cuma biasanya suka di telp lagi ama tele marketingnya :D ).

Nah ketika kita akhirnya memutuskan & menjalankannya selama 21 hari. di hari ke 22 secara pikiran kita dapat memutuskan Go or No Go dengan kebiasaan baru kita, tapi biasanya tubuh & pikiran bawah sadar kita sudah secara otomatis terprogram kebiasaan baru tersebut sehingga kalau kita tidak melakukan kebiasaan tersebut, kita akan merasa ada yang janggal dan itu menandakan bahwa New Habit is Created. Congratulations !!!
Motivation is what gets you started, But Habit is what keeps you going ~Jim Ryun.
Habit Create Attitude, Attitude Create Success ~Lupa Sourcenya dari mana

So,   Dare To Take The 21 Day Challenge For Ourselves? Lets Get Started

No comments:

Post a Comment