Sunday, August 18, 2013

Bapak Tua dan Gerobaknya

Pernahkah kita merasa tidak ikhlas/curiga/sebal ketika kita memberikan sedekah kepada orang lain yg meminta secara langsung kepada kita? Jika jawabannya "Iya", pertanyaan berikutnya adalah "kenapa?". Kenapa ketika sudah memberi, hati masih tidak ikhlas?.

Ketidak-ikhlasan tersebut baru saja kualami lagi kemarin dimana seorang Bapak tua yg aku asumsikan sebagai tukang loak/gerobak aku berikan/minta ambil barang-barang bekas bongkaran dari gudang. Setelah semua barang dimasukkan ke gerobak, aku siap-siap mengantar Bapak tua tersebut kedepan rumah namun tiba-tiba bapak tua bertanya "ngga ada uang rokok?", "Ha?kan bapak uda ambil barang-barang ini", jawabku spontan. Dalam hati berpikir 'seharusnya kan Bapak tersebut sudah mendapat keuntungan ketika nanti barang-barang bekas tersebut dijual, koq masih minta uang rokok?'. Karena Bapak tersebut masih bertanya, akhirnya akupun memberikan ala kadarnya dengan perasaan kecewa. Setelah itu, tanpa pikir lama, aku pun langsung ngadu dan komplain ke teman dan suami.

kejadian ini juga mengingatkan ku pada kejadian jaman dulu dimana ketika aku sampai di depan rumah, tiba-tiba ada motor berhenti disampingku dan minta sedekah untuk beli susu anaknya. Pada saat itu, aku masih ingat sekali di dompetku tersisa 2 lembar, 1 = 10rb, satu lagi 50rb. Coba tebak yg mana yg aku kasih?. Dalam hati merasa tdk ingin tertipu, tapi ada sedikit rasa tidak tega akhirnya pun aku memberikan uang 10rb ku. Dan pas masuk rumah, langsung saja aku ngoceh ke orang rumah.

Setelah mengoceh, terlintas dipikiran kenapa aku tidak memberikan 50rb saja y? kalau memang dia mau nipu ataupun memang benar2 butuh, sebenarnya dia bisa minta ama siapa saja yg ada dijalan, kenapa bisa pas sekali dia harus meminta ke aku? mungkin memang seharusnya itu adalah kesempatan ku utk berlatih Memberi.

Sama seperti dengan Bapak Tua kemarin, setelah mengocehpun akhirnya terlintas di pikiran, kenapa harus mengoceh dan tidak ikhlas?. Saat memberi adl saat aku memupuk karma baik, tapi dengan aku mengoceh, alhasil bukan hal baik yg dipupuk, malah hal yg tidak baik :'(.

Meskipun aku percaya bahwa memberi adalah hal yg baik, namun memang perlu untuk selalu mengingatkan diri belajar memberi dengan Ikhlas. Gambatte!!!.
~Menerima = Mengambil sisa~
~Memberi = Mendapat yg Baru~

2 comments: