Saturday, February 18, 2017

Happy Weekend and Enjoy Boredom


Bosan dan Kreatif adalah dua kata yang terasa sangat berlawanan, tapi siapa sangka kebosanan dapat menjadi sumber dari kreatifitas. 

Pagi ini melihat video singkat dr World Economic Forum yg mengajak Para orang tua untuk tidak selalu menyediakan solusi instan (gadget, smartphone dll) bagi anak-anak yang sedang kebosanan karena ketika anak-anak mengalami kebosanan, mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk "mendengarkan" diri mereka sendiri sehingga akan memiliki self-awareness (kesadaran diri) yang lebih tinggi. Dan kebosanan juga akan "memaksa" anak-anak mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut, dan disitulah kreatifitas anak menjadi lebih tergali. https://youtu.be/me4sfWn1K48

Dan sudah menjadi sifat alami manusia untuk terus mencari tantangan terbaru, sama seperti anak-anak, ketika satu kali menemukan solusi yang menyenangkan, maka mereka akan terus menantang diri untuk mencari solusi-solusi baru yang lebih kreatif lagi dan secara tidak sadar, seiring berjalannya waktu anak-anak akan terpapar ke hal-hal yang lebih luas lagi yang pada akhirnya menjadi modal mereka untuk menghadapi masalah-masalah dikemudian hari ketika mereka sudah dewasa.

Nah bagaimana dengan orang yang sudah dewasa saat ini? Apakah hal diatas masih berlaku untuk kita? Jawabannya "Masih Berlaku".

Siang ini, karena banyaknya gangguan sampai tidak jadi tidur siang, alhasil merasa bosan sekali. Dan Karena sudah terbiasa memegang smartphone untuk ceki ceki socmed dll, maka berulang kali membuka smartphone meskipun sudah tahu tdk ada berita menarik, semua dilakukan hanya karena kebiasaan. Namun tiba-tiba teringat video yang diceritakan diatas, dan akhirnya ku putuskan untuk berexperiment sedikit dengan menjauhkan semua gadget dan  menerima kebosanan tersebut, menit-menit pertama terasa sangat tidak nyaman, sampai akhirnya mulai muncul pikiran apa saja yang bisa kulakukan untuk "kill the boredom". Berbagai macam hal terpikirkan untuk dilakukan seperti membuat Almond Milk utk Chia Pudding, sari kacang hijau untuk sarapan senin, dan memfoto produk Granola Choco Vanilla yang sudah tertunda dari 2 minggu lalu.

Mulailah otak ini berpikir dan berkreasi bagaimana cara mengambil foto yang lebih cantik ? Melihat sekitar rumah, akhirnya memutuskan untuk membersihkan bahan sisa keramik dengan motif kayu sebagai alas, membersihkan botol untuk vas tumbuhan dan mulai menata-nata dan cepret-cepret, alhasil inilh salah satu hasil kreatifitas yang berawal dari kebosanan yang jika dibandingkan dengan semua foto-foto ku sebelumnya yang sangat amatir, foto ini menjadi salah satu yang lebih cantik bagi ku. Rasa senang bercampur bangga tidak akan aku rasakan jika saya tetap menempel pada smartphone
Rolled oat
Granola Choco Vanilla Kebun Kita

So kalau diri merasa / pasangan, anak mengeluh bosan, tidak perlu buru-buru diajak jalan keluar karena bisa jadi setelah 10-15 menit akan muncul ide kreatif yang jauh lebih menyenangkan dan berguna bagi semuanya.

Happy weekend and Enjoy boredom:)

No comments:

Post a Comment