Wednesday, July 4, 2012

7 Hal Kecil Yang Membahagiakan Orang Lain di Supermarket

Malam ini, aku melakukan groceries shopping khususnya buah-buahan bersama suami di supermarket Diamond Kelapa Gading, pas mau menimbang buah, aku rada nguping (hehehe) omongan dua orang pegawai toko yg sedang mengeluh mengenai bagaimana pelanggan bersikap sangat cuek ketika ada barang display yg jatuh karena kesenggol oleh dirinya maupun orang lain. Dan hal ini membuatku berpikir bahwa keluhan pegawai tersebut masuk akal. Kenapa kita sebagai konsumen harus bersikap secuek itu, menganggap bahwa mengangkat barang yg jatuh/merapikan barang display setelah kita acak-acak adalah tanggung jawab pegawai toko. Apakah Mungkin karena kita sudah di doktrin dari sejak kecil dengan kalimat "pembeli adalah raja"? Sehingga kita merasa boleh berbuat apa aja tanpa mempedulikan perasaan pegawai toko ataupun pemilik produk.

Namun coba kita memposisikan diri kita adalah pemilik dari suatu merk produk, dan mendapati produk kita jatuh dilantai dan tidak dipedulikan oleh orang, rasanya akan sedih. Begitu juga jika kita adalah pegawai toko yg baru saja merapikan produk/barang display, eh diacak-acak lagi oleh pembeli, dan ketika supervisor lewat, kita diomelin krn barang display berantajlkan, rasanya akan sangat melelahkan sekali. Hal diatas membuatku berpikir bahwa sebenarnya kita bisa membawa/berbagi kebahagiaan dengan tindakan kecil ketika kita di supermarket, seperti:
1. Ucapkan terima kasih ketika mendapat pertolongan dr pegawai toko, simpel namun tidak semua melakukan
2. Ketika melihat barang jatuh didekat kita, baik krn kita maupun bukan, mari kita ambil dan taruh di rak nya kembali, jika terlalu berat, carilah pegawai toko untuk membantu. Hitung-hitung untuk menggerakan otot.
3. Ketika tidak jadi membeli barang yg sudah diambil, maka kembalikanlah ke rak awal tempat mengambil. Anggap aja lagi jogging biar sehat.
4. Informasikan dengan sopan ke pegawai toko jika menemukan barang yg sudah tidak layak jual untuk mencegah pembeli lain mengambil barang tidak layak.
5. Jangan makan sembarangan didalam toko, apalagi anak kecil, untuk menghindari makanan bercecer dilantai.
6. Bawa trolley atau keranjang sesuai kebutuhan. Jika membeli sedikit barang, pakai saja keranjang biar tidak mempersempit lorong& menganggu lalu lintas supermarket
7. Tidak meletakkan trolley di sembarang tempat krn akan menganggu lalu lalang pembeli lainnya

Dengan melakukan tindakan kecil diatas, pastinya  kita dapat meringankan pekerjaan pegawai toko & tidak menutup kemungkinan kita akhirnya bisa berkenalan dengan mereka dan mungkin bisa diberikan informasi mengenai item-item promosi yang ada sehingga kita bisa lebih hemat utk berbelanja.

Happy shopping with smile.

No comments:

Post a Comment