Sunday, April 22, 2012

Segenggam Lada Untuk Sang Putra

Alkisah jaman dulu di India ada seorang wanita bernama Gotani yang memiliki tubuh yang langsing dan menawan sehingga orang-orang memanggilnya "Kisa(sebutan untuk wanita bertubuh langsing) Gotani". Singkat cerita, setelah menikah,dia sangat menunggu-nunggu kehadiran anak dirumahnya. Setelah menunggu selama 5 tahun, akhirnya lahirlah Putra Gotani. Karena penantian yang sangat lama, Sang putra pun otomatis menjadi harta yang paling berharga bagi Kisa Gotani. Namun kebahagiaannya hanya bertahan selama 2 bulan, karena putranya mengidap penyakit dan meninggal. Kesedihan yang amat mendalam dirasakan oleh Kisa Gotani yang akhirnya membuat dia berusaha melakukan segala hal untuk menghidupkan kembali Sang Putranya. Dia pun berkeliling dari satu desa ke desa lain, mencari seorang guru, Paranormal, Tabib & semua orang yang dianggap memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali putranya. Berjalan terus berhari-hari, berminggu-minggu & berbulan-bulan. Tubuh & wajah Kisa Gotani yang begitu menawan akhirnya pun berubah menjadi begitu kusam, tidak terawat dan Bau. 

http://www.centeralhealth.com/images/lada-hitam.jpg
Dalam kesedihan ketika dia berhenti sejenak untuk beristirahat, ada seorang yang menghampirinya dan mengatakan "Kisa Gotani, didesa sebelah situ ada seorang Guru yang bisa menghidupkan putramu, cobalah kamu kesitu". Mendengar itu, semua kelelahan yang dirasakan Kisa Gotani pun langsung hilang. Kisa Gotani langsung bergegas melanjutkan perjalanan untuk bertemu dengan Sang Guru. Sesampainya di tempat Sang Guru, Kisa Gotani langsung mengutarakan maksud kedatangannya meminta putranya untuk dihidupkan kembali. Sang Guru dapat melihat kesedihan yang amat sangat yang dialami oleh Kisa Gotani. Akhirnya Sang Guru pun berkata "Putramu bisa dihidupkan kembali, asalkan kamu bisa mendapatkan segenggam lada", Kisa Gotani pun berkata "Segenggam lada?, Baik, saya akan pergi mengambilnya untuk Mu Guru". Langsung Kisa Gotani berdiri dan bergegas keluar, namun Sang Guru kembali "Dapatkanlah segenggam lada dari rumah yang belum pernah kehilangan sanak keluarganya, dapatkanlah dan datanglah padaku setelah itu". 

Kisa Gotani berjalan mengelilingi desa mengetuk semua pintu rumah untuk meminta segenggam lada. Penduduk setempat tidak keberatan memberikan segenggam lada pada Gotani, namun Kisa Gotani tidak bisa mendapatkan Lada dari rumah yang belum pernah kehilangan sanak keluarga. Rumah demi rumah diketuk pintunya. Namun setiap rumah selalu saja ada yang kehilangan orang yang mereka cintai baik itu suami, kakak, orang tua maupun anak. Mendengar cerita kehilangan dari setiap rumah yang didatangi akhirnya Kisa Gotani sadar bahwa kehilangan seseorang yang dicintainya karena kematian adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Kematian adalah hal yang pasti. Setelah menyadari hal tersebut, akhirnya Kisa Gotani kembali menemui Sang Guru & meminta Beliau menerima dia sebagai muridnya untuk menjadi petapa untuk memahami tingkat kesucian tertinggi sehingga terbebas dari penderitaan (dalam agama Buddha dibaca : Mencapai Penerangan Sempurna). 

Mendengarkan cerita diatas, aku menyadari bahwa Kematian adalah Hal yang tidak akan bisa dihindari sebagai mahluk hidup, daripada mengkhawatirkan kematian lebih baik mengisi kehidupan dengan hal yang berarti bagi diri dan lingkungan : Do More Goods, Enjoy & Stop Worrying.

No comments:

Post a Comment