Saturday, April 21, 2012

Wow Benarkah Dibalik Pria Hebat Selalu Ada Wanita Yang Hebat?

Seharian menonton film "Spartacus" menceritakan jaman perbudakan di Romawi dimana seorang pria ditangkap & dijadikan Gladiator untuk pertarungan hidup & mati. Pria yang juga dipisahkan dari istrinya karena pembunuhan orang Romawi. Pria tersebut, Spartacus, karena cintanya yang begitu besar terhadap istrinya, kematian tersebut membuat dia dendam membara terhadap kepemimpinan orang Romawi dan akhirnya ia memimpin pembantaian di Ludusnya (sebutan tempat pelatihan gladiator) dan membebaskan budak-budak lainnya. Selain itu, ia juga akhirnya memimpin kawanan gladiator & budak-budak yang dibebaskan tersebut untuk membinasakan pasukan Romawi yang bertugas menghancurkan Spartacus. Difilm ini diceritakan bagaimana semua intrik-intrik, kerjasama & pengkhianatan terjadi karena wanita. Wanita yang mempengaruhi hal yang baik dan juga wanita yang mempengaruhi hanya karena dendam, cemburu & nafsu.

Begitu juga dengan film-film Kerajaan Cina yang menceritakan keruntuhan negara banyak disebabkan oleh wanita. Karena nafsu & keserakahan seorang Raja yang akhirnya dapat dipengaruhi oleh Permaisuri /   Selirnya untuk  mengambil keputusan tidak bijak yang membawa keruntuhan pada kerajaannya. Contoh diatas memang diambil dari film-film yang kutonton. Tapi dalam kehidupan nyata, kalimat "Dibalik pria hebat selalu ada wanita yang hebat, begitu juga dengan keterpurukan pria, selalu ada wanita dibaliknya" juga berlaku. Aku pernah mendengar ucapan Sujiwo Tedjo di Tayangan ILC "Wanitalah yang dapat menghentikan kekerasan / premanisme yang marak terjadi akhir-akhir ini khususnya oleh Geng Motor" (kalimat persisnya lupa, tapi beginilah inti omongannya). Pas mendengar itu, terpikirkan "iya si, bisa aja si ibu marah & mogok "olah raga" malam dengan suaminya yang melakukan premanisme, tapi apa benar bisa sebegitu tangguhnya ancaman tersebut untuk merubah prilaku dari seorang pria"?. 

Setelah dipikir-pikir, wah kenapa tidak?. Ada pria yang berhenti merokok untuk wanita yang dicintainya, ada pria yang rela bangun pagi untuk menemani wanita menyiapkan sarapan untuk wanita yang dicintainya, ada pria yang demi ingin hidup bersama wanita yang dicintainya, berubah dari seorang pemalas menjadi seorang yang rela bekerja mati-matian. Ada juga pria yang rela membunuh orang lain demi mendapatkan wanita yang dicintainya. Ada pria yang tadinya begitu supel dan sering bergaul, bisa berubah menjadi orang yang lebih tertutup setelah jadian dengan wanita. Dan ada banyak lagi.......

Wanita memang bisa membawa perubahan dalam kehidupan pria yang mencintainya. Pada umumnya, wanita  memang banyak menuntut sikap ini itu dari pasangannya dengan pemikiran sikap yang diinginkan oleh wanita tersebut lebih baik daripada sikap yang dimiliki pasangannya sendiri. Demi memenuhi tuntutan wanita, tidak sedikit pria yang akhirnya kehilangan jati diri & idealisme. Tapi apakah itu karena Sang Wanita tersebut? atau itu karena Perasaan yang dimiliki oleh Sang Pria terhadap Sang Wanita tersebut?. Seorang pria akan membuka diri, pikiran & hatinya kepada seorang wanita(Pria) ketika dia memang merasa nyaman dengan seseorang yang dirasa dapat menjadi tempatnya beristirahat ketika dia lelah, penat, marah & bahagia. Pikirku, Bagi Sang pria tersebut, perasaan mengenai kenyamanan yang dia terima dari sang wanitalah yang membuat dia sangat mudah dipengaruhi oleh sang wanita. Ketika dia begitu lelahnya, Sang wanita akan memberikan kenyamanan untuk membuat dia segar kembali. Ketika dia begitu putus asa, sang wanita dengan kemampuan berbahasa yang lebih baik dari pria akan memberikan kata-kata yang membangkitkan semangat.  

Namun, kenapa dia harus mendatangi sang wanita tersebut ketika dia putus asa, lelah dll? kenapa dia tidak datang ke pria lain atau ke wanita lain yang mungkin juga dapat memberikan penyemangat yang sama? Kenapa harus Sang Wanita tersebut padahal ada wanita lain? Pikirku, Semua itu karena Perasaan yang dimiliki sang pria terhadap wanita tersebut. Karena Perasaannya, maka ia menginjinkan Sang Wanita tersebut mempengaruhi diri & hidupnya. Karena Perasaannya, maka ia selalu datang ke Sang Wanita tersebut untuk melepas lelah & bercanda tawa bersama. Jika Sang Pria tersebut menutup perasaan hatinya, maka tidak ada wanita yang dapat mempengaruhinya. Namun apakah semudah itu? Manusia selalu penuh dengan rasa ingin bersama dengan orang lain, dan inilah yang membuat kita mencari pasangan untuk menemani hidup kita sampai tua. 

Adalah baik mendengarkan masukan dari pasangan (sang wanita maupun sang pria), namun dengarkanlah nasihat orang lain dengan penuh kebijaksanaan dan kesadaran pikiran. Karena tidak jarang, masukan yang terdengar baik bisa membawa pengaruh buruk secara langsung maupun tidak langsung baik disadari maupun tidak disadari oleh yang memberikan masukan tersebut. Milikilah pribadi (orang) yang bisa memberikan masukan kepada kita lebih dari satu dan berasal dari berbagai latar belakang sehingga dapat memberikan masukan dengan perspektif berbeda yang dapat membantu pengambilan keputusan kita. Dan yang paling penting ambilah keputusan/lakukan sesuatu yang tidak bertentangan dengan hati nurani kita. Maksudnya ketika kita melakukan sesuatu, maka dalam hati tidak ada rasa "ini ga bener ni, harusnya ga begini". Happy Woman's Day.....

No comments:

Post a Comment