Thursday, May 3, 2012

"Ngapain Ngabisin Waktu Untuk Pup?"

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi mengenai pengalaman mengalami gangguan metabolisme tubuh berhubungan dengan BAB. Jika kamu merupakan orang yang "Jijik-an", aku juga. Tapi setelah mengalami dan mencari tahu lebih banyak informasi mengenai Pup, persepsi tersebut juga berubah dan melihat "Bisa Pup" adalah sebuah kebahagian. 

                                                     ****************************
Kebahagiaanku yang pertama dipagi hari adalah ketika bisa Buang Air Besar (Pup), rasanya sangat lega sekali dan hati menjadi ringan ketika bisa Pup dengan lancar. Hal ini baru dimulai sekitar 3 tahun yang lalu dimana setiap pagi aku selalu bisa Pup. Aktivitas ini juga menjadi aktivitas yang menyenangkan setelah aku mengalami masalah pencernaan yang cukup serius menurutku. Diakhir tahun 2008, aku pernah mengalami gangguan metabolisme tubuh yang menyebabkan aku tidak bisa Pup sampai 1 minggu. 

Dahulu, aku memang sudah terbiasa untuk tidak pup setiap hari. Pup 2-3 hari sekali menurutku merupakan sesuatu yang normal. Dan ketika di protes oleh pacar (sekarang suami) bahwa Pup harus setiap hari, aku hanya bilang "ngapain ngabisin waktu hidup untuk pup terus". Komentar tersebut aku berikan karena menurutku Pup adalah kegiatan yang sangat memakan waktu dan kita tidak bisa melakukan apa-apa sambil Pup. Sampai akhir tahun 2008, dimana aku pernah mengalami kejadian Tidak Pup dalam 1 minggu. 3 hari pertama, perut rasanya aneh sekali, rasanya full sekali, akupun mencoba untuk Pup, namun hanya sedikit sekali. Hari ke-4 rasanya penuh sekali, mencoba pup pun tidak keluar. Hari Ke-5, badan rasanya sakit dan hari ke-6, ketika berbicara, hawa mulut pun sudah terasa tidak enak. Sepertinya semua racun tersimpan didalam tubuh dan berusaha keluar namun tidak bisa. Aku sudah mencoba untuk memakan segala yang dibilang akan bisa memperlancar Pup, dari Pepaya, Nanas, sampai Teh Asin. Teh Asin ini merupakan anjuran papaku, dan rasanya bukan pengen pup malah pengen muntah. Weks banget dech. Tapi tetap saja tidak berhasil. 

Hari ke-7, pas aku ke kantor, akupun cerita dengan teman mengenai masalah tidak bisa Pup ini, langsung temanku menyarankan "ah gampang, ke UGD aja, tar loe akan disemprot cairan lewat dubur, dan setelah itu pasti langsung Pup". Tanpa menunggu lama, pas makan siang aku langsung menuju rumah sakit dan melakukan apa yang temanku informasikan.....dan ga nyampe 5 menit diberikan cairan tersebut, langsung buuaarrr......ooohhhh leganya tubuh dan perasaanku. Tubuh langsung menjadi segar rasanya. Rasanya semua racun keluar dari tubuh.....oh ternyata begitu rasanya kalau orang tidak bisa Pup & begitu rasanya jika Pup lancar. 

http://www.facebook.com/Postit.Indonesia
Setelah kejadian tersebut, yang biasanya aku jarang sekali makan sayur, aku selalu memastikan dalam setiap makanan ku harus ada sayur hijau nya atau minimal dalam satu hari harus ada 1x makan sayur dan minimal buah untuk memastikan aku bisa Pup setiap hari. Dan hasilnya, vioala, setiap hari aku berhasil Pup. dan Semakin banyak serat yang aku makan semakin mudah dan cepat aku Pup. Kalau dulu, untuk Pup saja mungkin butuh 20-30 menit (makanya aku malas pup), tapi semakin banyak serat yang aku makan, hanya perlu sekitar 5-10 menit untuk Pup. 

Karena masalah kesulitan Pup yang pernah aku alami, akhirnya aku semakin tertarik mencari tahu tentang pencernaan tubuh. Dan aku menemukan beberapa informasi yang bisa menunjukkan kesehatan metabolisme tubuh melalui Pup yaitu : 
1. Sebanyak Kali kita makan, maka sebanyak kali itu juga kita harus Pup. 
2. Maksimal makanan berada didalam tubuh manusia ada 12 jam sebelum akhirnya sisa yang dicerna (kotoran) mengeluarkan racun yang akan memasuki aliran darah dan mengalir kesemua bagian tubuh kita. oleh sebab itu kita harus Pup min 2x sehari. 
3. Dan dari buku Science anak-anak yang membahas topik Pup, ternyata kita bisa mendeteksi kesehatan tubuh dari Pup yang keluar. Pup yang menunjukkan tubuh yang sehat apabila Pup tersebut tidak keras namun cukup padat dan tidak terputus-putus kecil. 
4. Warna Pup Coklat tidak terlalu hitam dan terlalu pucat
5. Aktiivitas pup yang menunjukkan metabolisme tubuh yang baik adalah seharusnya kita bisa selesai paling lambat 5 menit. 
6. Jangan Pernah menahan Kentut, karena Gas yang harusnya keluar merupakan racun, jika ditahan, maka gas tersebut akan masuk ke aliran darah dan organ tubuh yang lain.
7. Stress dan bagadang akan menganggu proses metabolisme tubuh
Jika kamu mendapatkan 5 hal diatas, harusnya kamu memiliki metabolisme tubuh yang sehat. Namun jika tidak artinya pola makan dan lifestyle kita mungkin harus ada yang dirubah 

Eat More Green & Get Your Very First Happiness In The Morning

No comments:

Post a Comment