Thursday, May 3, 2012

WowTernyata "Teh Putih, Teh Dengan Anti Oksidan Tertinggi"

Pengalaman meminum Teh Putih beberapa saat yang lalu seperti yang aku tulis di http://wowternyatabarutahu.blogspot.com/2012/04/have-nice-tea-break-with-silver-needle.html membuatku penasaran dengan yang namanya Teh Putih. Akhirnya aku pun mencoba mencari tahu lebih banyak tentang Teh & Teh Putih pada khususnya. Teh merupakan minuman yang sangat familiar dikeluargaku karena sejak kecil setiap pagi, mamaku pasti menyeduh teh di teko. Setiap pagi mamaku akan selalu menyuruhku meminum secangkir teh supaya badan lebih sehat. Kalau lagi ga pengen minum, seringnya di ocehin berkepanjangan sampai minum. Apalagi kalau dilihat wajahnya lagi pucat, maka dipastikan kita harus minum secangkir teh sebelum keluar rumah. Selain diminum, karena kita masih memeluk kepercayaan budaya Cina, dimana kita masih memiliki altar sembahyang dirumah, sehingga kita selalu mengganti cangkir teh di altar sembahyang setiap pagi. Karena kebiasaan minum teh itulah, membuatku senang dengan teh yang wanginya menyenangkan sekali buatku. Namun memang selama ini, kita hanya meminum teh dari teh yang ada di pasaran, Teh Celup, Oolong Tea, Green Tea & Jasmine Tea. Dan baru diumur 28 tahun ini, aku mengetahui ada yang namanya Teh Putih. 

Dan setelah dicari tahu, ternyata didunia ini terdapat 4 jenis teh basic yang semuanya berasal dari tanaman Camellia Sinensis namun karena proses yang pengolahan teh yang berbeda, maka terciptalah teh yang berbeda yaitu Teh Hitam, Oolong,  Hijau dan Teh Putih. Seperti terlihat pada gambar disamping maka, Teh Putih merupakan Teh yang mengalami paling sedikit proses pengolahan dan daun teh yang diambil merupakan Pucuk daun teh yang dipetik sebelum merekah dan dilindungi dari sinar matahari untuk mencegah terjadinya pembentukan klorofil dan proses oksidasi. Oleh sebab itu, Teh putih memiliki kandungan Anti Oksidan yang paling tinggi dari semua jenis teh yang ada sehingga dapat mencegah penuaan dini & kanker serta mencegah timbulnya plak pada gigi. Dan ada penelitian di Cina yang mengatakan 1 cangkir teh putih  memiliki kandungan antioksidan setara dengan 12 gelas air jeruk. Namun meskipun teh itu baik, aku pernah membaca artikel bahwa baiknya kita hanya minum 3 gelas/cangkir teh per hari karena semua yang berlebihan tidak baik untuk tubuh.
http://www.facebook.com/WhiteTeaMoment

Teh Putih sendiri ditemukan pada jaman Dinasti Song dimana Orang Cina menemukan bahwa pucuk daun teh bisa menghasilkan rasa yang lebih ringan, lembut & menyegarkan. Karena rasa dan kelangkaannya, Teh Putih pada awalnya merupakan minuman anggota kerajaan & bangsawan dan karena kelangkaannya juga, meskipun Teh Putih sudah terdapat di masyarakat saat ini, harganya tetap mahal karena jumlahnya yang sedikit. Teh Putih sendiri juga ternyata terdiri dari 3 jenis dari kualitas terbaik dan terendah yaitu Silver Needle yang Hanya menggunakan Pucuk daun Teh, White Peony yang ada campuran daun teh dan pucuk daun serta Long Life Eyebrow yang menggunakan daun teh.

Let's Have a Break, Let's Have a Cup of Tea, White Tea Especially


2 comments:

  1. Belinya dimana ya kalau boleh tau? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang banyak dipasaran dan supermarket. di online juga ada. bentuknya yang kaya jarum gitu

      Delete